Selasa, 17 Maret 2015

Implementasi IR dengan Studi Kasus Query

Nama/NIM               : Deni Eko Pratomo/1204505018
Jurusan/Fakultas     : Teknologi Informasi/Teknik Universitas Udayana
Dosen                      : I Putu Agus Eka Pratama, ST, MT.
Matakuliah               : Sistem Temu Kembali Informasi
Pada kuliah Sistem Temu Kembali Informasi tanggal 11 Maret 2015 diadakan diskusi mengenai konsep Boolean Retrieval Model dengan menggunakan kombinasi kata untuk melakukan proses temu kembali berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Intinya membahas penggunaaan query untuk mendapat hasil yang diinginkan. Query berfungsi untuk mengurutkan dokumen dari yang paling relevan sampai dengan dokumen yang tidak berkaitan. Penggunaan query sangat menentukan hasil pencarian yang akan dimunculkan karena sistem akan melakukan perangkingan terhadap dokumen pada koleksi berdasarkan kesesuaiannya dengan query. Misalnya saja kita ingin mencari materi tentang Sistem Temu Kembali Informasi. Pada pencarian pertama dilakukan dengan menuliskan "Pengertian Sistem Temu Kembali Informasi" dan pada pencarian kedua dilakukan dengan menuliskan "Pengertian Sistem Temu Kembali.pdf".


Dari kedua query tersebut, pada hasil yang ditampilkan terlihat adanya perbedaan. Perbedaannya adalah pada pencarian kedua dengan menambahkan format file pdf hasil yang dimunculkan lebih relevan dari pencarian yang pertama. Hasil dari pencarian pada query pertama akan memunculkan materi-materi tentang Sistem Temu Kembali Informasi yang terdapat pada suatu blog atau wordpress, sedangkan hasil pada query kedua dengan penambahan format file pdf akan memunculkan materi-materi tentang Sistem Temu Kembali Informasi yang memiliki format file pdf.
Ada pertanyaan mengenai dari suatu kasus, misalnya kita ingin melakukan suatu pencarian di search engine seperti google dengan cara melakukan copy-paste dari suatu tulisan / jurnal kedalam kolom pencarian search engine. Bagaimana serach engine melakukan proses pencocokkan dari penyusunan tiap-tiap komponen kata dari kumpulan kata itu, dan menampilkannya. Logikanya jika terlalu banyak memasukkan query maka akan susah mendapatkan hasil. Sehingga dapat dicoba dengan menggunakan beberapa kalimat baru untuk dapat menemukan hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar